Berita Terkini

KEGIATAN SHORT TRAINING DELEGASI FAKULTAS PERTANIAN DALAM MENDUKUNG AKREDITASI INTERNASIONAL

Delegasi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako mengikuti short training di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Satuan Penjaminan Mutu Universitas Pendidikan Indonesia dan bertempat di Gedung University Center, Universitas Pendidikan Indonesia Ruang Rapat Lantai 3 Jl Dr. Setiabudi No 329 Bandung.

Kegiatan short training dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan Fakultas Pertanian menuju Akreditasi Internasional. Rangkaian kegiatan short training antara lain Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE), Akreditasi Internasional, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI).  Hasil kegiatan short training ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran dan sekaligus masukan bagi Fakultas Pertanian agar dapat meraih akreditasi internasional dimasa yang akan datang.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 9 orang peserta yaitu Dr. Ir. Abd Rahim., STP., MP., IPM. ASEAN. Eng, Wakil Dekan bidang Akademik dan Bapak Dr. Ir. Rustam Abd Rauf., SP., MP., IPM., ASEAN., Eng, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Abd Hadid., MP., IPM, Ketua Unit Penjaminan Mutu, Dr. Ir. Rois., MP., Sekretaris Unit Penjaminan Mutu Dr. Ir. Sakka Samudin., MP., Ketua Borang PS. Agroteknologi, Dr. Ir. Syahraeni Kadir., MP, Dr. Lien Damayanti., SP.,MP serta anggota devisi Tracer Study dan devisi Pengembangan Unit Penjaminan Mutu.

Short training berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 28-29 Maret 2022. Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Satuan Penjaminan Mutu Universitas Pendidikan Indonesia (SPM-UPI) Prof. Dr. Ratnaningsih Eko Sardjono., M.Si. Dalam sambutannya Prof. Dr. Ratnaningsih Eko Sardjono menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan short training ini dan berharap “semoga training ini dapat bermanfaat bagi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako agar dapat memperoleh Akreditasi Internasional. Karena hasil akreditasi oleh Lembaga akreditasi internasional nantinya, dapat diakui/disetarakan dengan predikat akreditasi Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional. Ini ibarat, sekali mendayung, satu-dua pulau terlampaui” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua SPM-UPI, saat ini Universitas Pendidikan Indonesia telah memperoleh Akreditasi Internasional sebanyak 48 Program Studi dari beberapa Lembaga Akreditasi Internasional yang diakui oleh Kementerian yaitu AQAS sebanyak 36 Program Studi, AUN-QA sebanyak 3 Program Studi, UNWTO sebanyak 3 Program Studi dan ASIC sebanyak 6 Program Studi.

Sedangkan, dibagian terakhir sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yang mewakili delegasi Fakultas Pertanian, menyampaikan bahwa Pimpinan Fakultas dalam hal ini Dekan Fakultas Pertanian berharap agar para peserta short training mendapatkan pengayaan, peningkatan wawasan dan pengalaman serta mendukung sepenuhnya Fakultas Pertanian untuk bisa meraih Akreditasi Internasional (sr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *